Dakwah

Zikir yang Setara dengan Membebaskan Budak

Zikir

Zikir memiliki begitu banyak keutamaan dan pahala yang melimpah. Salah satunya memiliki pahala cukup besar yakni setara dengan membebasakan 10 orang budak.

Yunus bin Al-Fadhal Ath-Thayalisi menceritakan kepada kami, Yunus bin ‘Abdul A’la menceritakan kepada kami, Ibnu Wahab menceritakan kepada kami, ‘Amr bin Al-Harits menceritakan kepada kami dari Sa’id bin Abi Hilal, dari Abu Hilal, bahwa Abu ‘Iyasy berkata:

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang pada pagi hari berdoa:

Untitled

 

 

 

Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Esa, tiada sekutu bagi-Nya; kepunyaan Dial-lah segala kerajaan dan kepunyaan Dia-lah segala pujian; Dia menghidupkan dan mematikan; Dia hidup dan tidak mati; Dia Maha kuasa atas segala sesuatu, maka dituliskan baginya sepuluh kebaikan, dihapus sepuluh kesalahannya, kalimat itu bagaikan sepuluh budak, dan kalimat itu sebagai penjaganya pada siang hari hingga sore hari. Barang siapa yang mengucapkannya pada sore hari, maka dia beroleh imbalan  seperti itu pula hingga pagi. Seolah-olah ada seseorang yang berprasangka buruk kepada ‘Iyasy dengan mengatakan, ‘Abu ‘Iyasy itu berlebihan dalam menguntungkan dirinya sendiri.’ Seseorang  berkata bahwa dia mimpi bertemu dengan nabi SAW, lalu bertanya, ‘Wahai Rasulullah, Abu ‘Iyasy telah meriwayatkan anu dan anu darimu.’ Orang itu melanjutkan ceritanya, ‘Kemudian Rasulullah SAW memegang tanganku, lalu bersabda, ‘Abu ‘Iyasy benar, Abu ‘Iyasy benar, Abu ‘Iyasy benar.’” (Hadish ini shahih. Ia diriwayatkan oleh Abu Ya’la dalam Musnadnya, oleh Al-Hakim dalam Al-Mustadrak, (jil. III, h. 111-112))

Dalam riwayat lainnya, dari Abu Hurairoh radhiyallahu ’anhu, dari Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam, beliau bersabda,

« مَنْ قَالَ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ ، لَهُ الْمُلْكُ ، وَلَهُ الْحَمْدُ ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ . فِى يَوْمٍ مِائَةَ مَرَّةٍ ، كَانَتْ لَهُ عَدْلَ عَشْرِ رِقَابٍ ، وَكُتِبَتْ لَهُ مِائَةُ حَسَنَةٍ ، وَمُحِيَتْ عَنْهُ مِائَةُ سَيِّئَةٍ ، وَكَانَتْ لَهُ حِرْزًا مِنَ الشَّيْطَانِ يَوْمَهُ ذَلِكَ حَتَّى يُمْسِىَ ، وَلَمْ يَأْتِ أَحَدٌ بِأَفْضَلَ مِمَّا جَاءَ بِهِ ، إِلاَّ أَحَدٌ عَمِلَ أَكْثَرَ مِنْ ذَلِكَ » .

Barangsiapa mengucapkan ’laa il aha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ’ala kulli syay-in qodiir’ [tidak ada sesembahan yang berhak disembah dengan benar kecuali Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya, milik-Nya kerajaan dan segala pujian. Dia-lah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu] dalam sehari sebanyak 100 kali, maka baginya sama dengan sepuluh budak (yang dimerdekakan, pen), dicatat baginya 100 kebaikan, dihapus darinya 100 kejelekan, dan dia akan terlindung dari setan pada siang hingga sore harinya, serta tidak ada yang lebih utama darinya kecuali orang yang membacanya lebih banyak dari itu.” (HR. Bukhari no. 3293 dan HR. Muslim no. 7018)

Iklan

One thought on “Zikir yang Setara dengan Membebaskan Budak

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s