Dakwah

Keutamaan Kalimat Laa Ilaha Illallah yang Begitu Besar di Akhirat 

wp-image--1642985221.

Kalimat laa ilaha illallah ternyata memiliki keutamaan yang begitu besar. Di akhirat kelak kalimat tersebut dapat menghapuskan berbagai dosa serta memberikan kesempatan bagi kita semua untuk menjadi salah satu penghuni surga.

“Barangsiapa yang mengucapkan Laa ilaaha illallah, lalu menunaikan hak dan kewajibannya (konsekuensinya), pasti akan masuk surga“ (HR. Al Hasan Al Bashri)

Lalu, seberapa besarkah keutamaan kalimat laa ilaha illallah di akhirat kelak?

Suwaid bin Nashr menceritakan kepada kami, Abdullah mengabarkan kepada kami, dari Laits bin Sa’ad. Amir bin Yahya menceritakan kepadaku, dari Abu Abdurrahman Al Ma’afiri- kemudian Al Hubuli-, ia berkata: Aku mendengar Abdullah bin Al Ash berkata: Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah akan melepaskan seseorang dari umatku di hadapan para makhluk di hari Kiamat. Lalu Allah akan menyebarkan (memperlihatkan) kepadanya tujuh puluh tujuh catatan (amal perbuatannya). Satu catatan panjangnya seperti panjangnya jarak mata memandang.” Lalu Allah bertanya, “Apakah kamu mengingkari sesuatu dari catatan ini? Apakah para penulis-Ku yang mencatat amal perbuatan manusia telah menzhalimimu?” Orang itu menjawab, “Tidak, wahai Tuhanku.” Allah kembali bertanya, “Apakah kamu memiliki alasan?” Ia menjawab, “Tidak, wahai Tuhan.” Allah berfirman, “Tentu, bagimu kebaikan di sisi Kami. Sungguh tidak ada kezhaliman atas dirimu pada hari ini.” Lalu, dikeluarkan sebuah kartu yang didalamnya tertulis ‘Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan-nya.’ Allah lalu berfirman, “Datangilah (hampirilah) timbanganmu.” Orang itu bertanya, “Ya Allah, kartu dan catatan-catatan apakah ini?” Allah berfirman, “Sungguh kamu tidak akan dizhalimi.” Rasulullah bersabda, “Lalu, catatan-catatan itu diletakkan pada salah satu telapak tangannya, sedangkan kartu diletakkan di telapak tangannya yang lain. Ternyata catatan-catatan itu lebih ringan, sedangkan kartu lebih berat timbangannya. Tidak ada sesuatu pun yang melebihi beratnya asma ‘Allah’” (Shahih: Ibnu Majah (4300)

Maka berdzikirlah di setiap waktu atau kesempatan. Meluangkan waktu beberapa menit untuk mengucapkan tahlil, namun dampaknya sangat membantu diri kita di akhirat.

Abu Dzar berkata, ”Katakanlah padaku wahai Rasulullah, ajarilah aku amalan yang dapat mendekatkanku pada surga dan menjauhkanku dari neraka.” Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,”Apabila engkau melakukan kejelekan (dosa), maka lakukanlah kebaikan karena dengan melakukan kebaikan itu engkau akan mendapatkan sepuluh yang semisal.” Lalu Abu Dzar berkata lagi,”Wahai Rasulullah, apakah ’laa ilaha illallah’ merupakan kebaikan?” Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,”Kalimat itu (laa ilaha illallah, pen) merupakan kebaikan yang paling utama. Kalimat itu dapat menghapuskan berbagai dosa dan kesalahan.” (Dinilai hasan oleh Syaikh Al Albani dalam tahqiq beliau terhadap Kalimatul Ikhlas, 55)

Iklan

2 thoughts on “Keutamaan Kalimat Laa Ilaha Illallah yang Begitu Besar di Akhirat 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s